Dapatkan buku-buku karyaku terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

19 March 2008

Budidaya Ikan Mas - Mengatur pengairan kolam

Perkolaman ikan mas, atau ikan lainnya adalah suatu areal yang memiliki minimal 4 buah kolam. Sebuah perkolaman bisa sampai puluhan bahkan ratusan kolam. Pengairan suatu perkolaman harus diatur, agar kualitas air kolam tetap baik. Selain itu juga agar mudah pengelolaannya. Pengairan kolam ada dua sistem, yaitu seri dan paralel.

Seri adalah sistem pengairan kolam dimana setiap kolam tidak mendapat air baru dari saluran pemasukan, tetapi air hanya dialirkan ke sebuah kolam dan air itu dialirkan lagi ke kolam lain. Sistem pengairan ini kurang baik, karena tidak dapat menjaga kualitas air kolam. Selain itu, sistem ini sulit dalam pengelolaannya, terutama sewaktu panen. Bila kolam bagian atas dipanen akan mengganggu kolam bagian bawahnya.

Paralel adalah sistem pengairan dimana setiap kolam mendapa air baru atau air yang sudah dialirkan tidak dialirkan ke kolam lain. Sistem pengairan ini yang baik, karena kualitas air kolam dapat terjaga. Selain itu, sis-tem ini mudah dalam pengelolaannya. Bila kolam satu dipanen tidak mengganggu kolam lain.

Sebuah perkolaman dengan pengairan sistem seri akan terdiri dari tiga bagian, yaitu saluran masuk, kolam dan saluran pembuangan. Saluran pemasukan dibuat di bagian tengah, saluran tengah dibuat di tepi atau di belakang kolam. Sementara kolam dibuat antara saluran pemasukan dan saluran pembuangan.