Dapatkan buku-buku karyaku terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

09 April 2008

Budidaya Ikan Mas - Penyimpanan sperma (ikan mas)

Telur ikan mas dan telur ikan-ikan lainnya perlu sperma untuk pembuahannya. Harvey dan Hoar (1979) mendefinisikan cairan sperma sebagai larutan spermatozoa yang berada dalam cairan seminal dan dihasilkan oleh hidrasi testes. Tulisan ini dikutip dari karya ilmiah Johana Wahyu Pangestuningtias, berjudul Study tentang Pengaruh Radiasi Sinar Ultra Violet dan Waktu Penyimpanan Sperma Ikan Mas (Cyprinus carpio L) Terhadap Persentase Pembuahan dan Persentase Penetasan Telur.

Harvey dan Hoar (1979) : Whiler (1980) Harvey dan Kelly (1988) membagi penyimpanan sperma berdasarkan lama penyimpanan yaitu penyimpanan jangka panjang dan penyimpanan jangka pendek. Dimana penyimpanan jangka pendek adalah cara pendinginan sperma yang dilakukan selama beberapa jam sampai beberapa hari, sedangkan penyimpanan jangka panjang adalah cara pembekuan sperma yang dapat dismpan dalam beberapa tahun.

Adapun tujuan penyimpanan sperma menurut Harvey dan Hoar (1979); Davy dan Chounard (1980) yaitu :

- pengendalian keterbatasan penyediaan induk jantan

- memungkinkan terjadinya pembuahan walaupun kematangan gonad induk jantan dan betina tidak secara bersamaan.

- Persediaan genetic dan mudah dalam melakukan pemuliaan induk.

- Memudahkan distribusi sperma ikan dalam jumlah besar ke daerah yang lebih luas.

- Memungkin untuk menghasilkan benih sepanjang tahun.

Prinsip penyimpanan sperma adalah mengurangi pergerakan spermatozoa, tetapi tetap dapat memperlihatkan aktivitasnya untuk membuahi telur dengan cara mempertahankan kapasitas pergerakannya (Taurin, 1977; Hoar et,. 1983). Hal yang sama juga dikemukakan oleh Toelihere (1985) bahwa pendinginan sperma dari suhu tubuh ke suhu lemari es, menyebabkan sperma kehilangan motilitas secara bertahap sampai pergerakannya terhenti. Lihat ginogenesis pada :ginogenesis-ikan-mas.

Menurut Lgler et al., (1972) ketahanan hidup sperma dipengaruhi oleh temperature dan pada umumnya dapat hidup lebih lama pada temperatur rendah. Taurin (1977) menyatakan bahwa sebagai pertimbangan utama dalam penyimpanan sperma, yaitu terletak pada suhu tempat penyimpanan. Penyimpanan sperma dalam temteratur rendah memegang peranan penting dalam reproduksi sel (Stoss dan Holt, 1983). Hasil penelitian Whitler (1982) membuktikan bahwa penyimpanan sperma ikan mas (Cyprinus carpio L), jambal siam (Pangasius sutchi), Indian carp (Lbeo rohita) dan tawes (puntius gionotus) dalam udara dingin atau dalam lemari es dan tanpa pengencer, sperma masih menunjukan keaktifannya sampai 24 jam.

Menurut Partodihardjo (1987) fungsi bahan pengencer sperma adalah :

- Memperbanyak volume, supaya sperma yang diperoleh tersebut dapa dibagikan untuk memenuhi tujuan.

- Pelindung sperma, pengencer sperma harus mengandung komponen penyangga, sehingga dapat mempertahankan pH dalam waktu lama.

- Bakteriostatik, pengemcer sperma harus mengandung zat bekteriostatik sehingga aktivitas jasad renik dalam sperma dapat dihentikan.

Selanjutnya Partodihardjo (1987) menyatakan bahwa bahan pengencer sperma harus mempunyai syarat-syarat :

- tidak meracuni

- membantu dalam pembuahan dengan baik.

- Murah dan mudah disiapkan

- Menunjukan isotonis dengan larutan sperma, sehingga dapat menjamin kehidupan sperma dalam waktu lama

Moezarski (1977) dalam Harvey dan Hoar (1979) yang menerangkan bahwa kelangsungan hdup sperma ikan mas yang disimpan dalam larutan pengencer dengan perbandingan 1 : 1 atau 1 : 2 dapat lebih lama dibandingkan 1 : 6. Hal ini juga didukung oleh Sin (1974) dalam Harver dan Hoar (1979) yang menyatakan bahwa penyimpanan sperma Silver carp (Hypothalminchthys sp) dan Big head carp (Aristichthys) dengan perbandingan sperma dengan pengencer menunjukan kemampuan hidup yang lebih besar dari pada perbandingan 1 : 9.

Lihat diferensiasi kelamin pada :

http://solusiikanmas.blogspot.com/2008/04/diferensiasi-kelamin-pada-ikan-mas.html

Daftar Pustaka :

Pangestuningtias, J.W. (1993). Study tentang Pengaruh Radiasi Sinar Ultra Violet dan Waktu Penyimpanan Sperma Ikan Mas (Cyprinus carpio L) Terhadap Persentase Pembuahan dan Persentase Penetasan Telur. Fakultas Peternakan, Universitas Dipenogoro, Semarang.

Karya ilmiah ini tersimpan baik di Perpustakaan BBPBAT Sukabumi.