Dapatkan buku-buku karyaku terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

18 March 2008

Budidaya Ikan Mas - Agar ikan mas tak di permukaan

Selalu menggantung di permukaan air sambil megap-megap bukan kebiasaan ikan mas. Ikan mas biasanya selalu berada di bawah permukaan air, berenang ke berbagai arah dan bergerak cepat memburu dan menangkap makanan. Lalu bila ikan mas menggantung di permukaan, berarti ada sesuatu yang telah terjadi. Kejadian itu bisa disebabkan oleh dua faktor.

Pertama, karena kekurangan oksigen atau kandungan oksigen dalam air sangat rendah. Itu kemungkinan yang paling besar. Padahal oksigen sangat diperlukan dalam proses pernapasan. Kandungan oksigen yang rendah biasanya terjadi pada pagi hari.

Karena oksigen hasil proses fotosintesa pada siang hari habis digunakan untuk pernapasan dimalam hari. Berbarengan dengan itu, kandungan CO2 sebagai hasil dari proses pernapasan pada malam hari meningkat. Sedangkan kehadiran CO2 sangat tidak diinginkan oleh ikan.

Ada berbagai cara untuk mengatasi kejadian itu. Pertama, dengan menambah debit air yang masuk ke kolam itu. Aliran air yang besar bisa merangsang terjadinya difusi oksigen, sehingga oksigen dari udara akan masuk ke dalam air. Kedua, dengan memasang aerasi di ber-bagai bagian kolam. Namun cara ini sangat mahal dan tidak efisien. Ketiga, dengan tidak memberi perlakuan apa-apa. Karena itu tidak berlangsung lama. Setelah matahari terbit, akan terjadi fotosintesa dan oksigen dalam air akan segera meningkat lagi.

Kedua, karena sakit. Ikan mas yang sakit tidak akan bisa berenang normal, apalagi bergerak cepat untuk menangkap makanan, tapi akan bertahan hidup di permukaan sambil sekali-kali bergerak miring. Hanya ada satu cara untuk mengatasi ikan sakit, yaitu harus diobati. (Lihat teknik pengobatan penyakit).