Dapatkan buku-buku karyaku terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

18 March 2008

Budidaya Ikan Mas - Varitas ikan mas

Dari buku “ Pembenihan ikan I “ yang diterbitkan oleh Sekolah Pembangunan Pertanian Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SPP SUPM) Bogor tahun 1986, tercatat ada delapan (8) varitas ikan mas di Indonesia, yaitu majalaya, Punten, Taiwan, kumpay, Sinyonya, Merah, kancra domas, dan kaca. Namun untuk membedakan varitas ikan mas yang ada sekarang sangat sulit, karena ikan mas itu sudah tidak jelas lagi asal-usulnya.

Untuk membedakan ke delapan varitas ikan mas dapat dilihat dari warna, bentuk badan, sirip, dan sisik.

Majalaya : badan agak pendek dengan punggung tinggi, dinding perut tebal, warna hijau keabu-abuan, dan sisik di bagian punggung lebih gelap dibandingkan dengan sisik-sisik di bagian lainnya.

Punten : badan pendek, mempunyai punggung tinggi, mata agak menonjol, dan gerakan lambat dan jinak.

Taiwan : badan agak panjang, punggung agak bulat, sirip ekor bagian bawah dan sirip dubur bagian tepi berwarna kuning kemerahan, dan kurang jinak.

Kumpay : badan panjang dengan warna sisik kuning emas, kuning kemerahan, ciri khas dari ikan mas varitas ini adalah sirip-siripnya sangat panjang.

Sinyonya : badan panjang, mempunyai punggung pendek, ciri khas varitas ini mata pada ikan dewasa bermata sipit dan kurang menonjol, termasuk ikan mas yang jinak.

Merah : badan panjang dengan punggung pendek, warna merah kekuningan, dan mata agak menonjol.

Kancra domas : badan panjang, sisik bagian punggung berwarna gelap, warna tubuh coklat keemasan, atau coklat kemerahan, sisik-sisik kecil-kecil dan tidak teratur.

Kaca : badab berukuran sedang, dan sebagian badan tidak tertutup sisik, sisik hanya terdapat sepanjang garis rusuk (linea lateralis) dan dekat sirip.