Dapatkan buku-buku karyaku terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

18 March 2008

Budidaya Ikan Mas - Simpel tahu kualitas air

Kualitas air untuk ikan mas memang harus diperiksa agar air itu baik untuk kehidupan ikan mas. Cara yang baik dengan meminta bantuan balai-balai penelitian perikanan atau peguruan tinggi. Namun cara itu memerlukan waktu yang lama. Sedangkan waktu sangat berharga buat anda. Selain itu juga memerlukan biaya yang besar. Padahal uang itu bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Ada satu cara yang paling sederhana untuk melakukannya, yaitu dengan melihat kehidupan ikan nila, nilem dan tawes. Bila ketiga jenis ikan itu bisa hidup dengan baik, maka air itu cocok juga untuk ikan mas. Bila ketiga ikan itu mati, atau tidak bisa hidup dengan baik berati kualitas air di sana tidak cocok untuk ikan mas. Ingat jangan sekali-kali melihat kehidupan ikan lele, karena ikan lele tahan hidup pada kualitas air yang kurang baik.