Dapatkan buku-buku karyaku terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

19 March 2008

Budidaya Ikan Mas - Cara memupuk kolam

Pada kolam ikan mas pupuk bisa untuk menumbuhkan pakan alami. Cara pemupukan harus baik. Pemupukan yang baik dilakukan setelah perbaikan pematang, pembuatan kemalir, pengolahan tanah dasar dan pengapuran, serta sebelum kolam diairi.

Caranya, dengan menebar pupuk ke seluruh permukaan kolam, lalu tanah dasar kolam diaduk dengan pupuk. Dengan cara itu, pupuk dapar bereaksi secara bertahap dan bisa dalam waktu yang lebih lama. Bisa juga ditebar ke seluruh permukaan dasar kolam tetapi tidak diaduk. Namun cara ini, kurang baik. Karena reaksi pupuk sangat cepat dan tidak berlangsung lama.

Setelah dipupuk kolam diairi dan sebelum penuh air masuk ditutup. Tujuannya agar air kolam tidak limpas dan pupuk tidak terbawa keluar kolam. Bila itu terjadi, pupuk tidak berguna. Pupuk direndam selama 4 – 6 hari. Dengan begitu, pakan alami akan tumbuh tersebar.

Pemupukan juga bisa dilakukan setelah kolam diairi. Caranya tetap, dengan menebar ke seluruh permukaan air. Cara ini baik untuk kolam yang berdekatan dengan pemukiman penduduk, agar tidak menimbulkan bau.