Dapatkan buku-buku karyaku terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

19 March 2008

Budidaya Ikan Mas - Ikan mas dan minapadi

Ikan mas bisa dipelihara bersama padi, atau minapadi. Karena ikan mas dapat tahan hidup pada air yang dangkal dan tidak mengganggu padi. Justru dengan adanya ikan mas bisa terjadi hubungan yang saling menguntungkan. Padi bisa menjadi peneduh ikan mas di siang hari, padi juga bisa menjadi tempat menempel pakan alami.

Sementara itu, ikan bisa mengeluarkan kotoran. Kotoran bisa menjadi pupuk untuk padi hingga padi bisa tumbuh lebih subur. Ikan juga bisa memakan bibit penyakit padi, hingga padi bisa terbebas dari serangan penyakit.

Empat hal penting yang diperhatikan dalam minapadi, pertama padi yang ditanam harus berlabel biru, yaitu padi yang tahan terhadap air yang agak tinggi. Kedua, pelataran sawah harus melandai ke arah kemalir, sehingga saat dikeringkan, ikan dengan mudah turun dan masuk ke dalam kemalir.

Ketiga, kemalir harus baik, lebar antara 40 - 50 cm, tinggi antara 5 – 10 cm dan dibuat lurus dan menurun dari pintu pemasukan ke pintu pengeluaran. Dengan begitu, ikan yang sudah berkumpul dalam kemalir akan turun ke kobakan depan pintu pengeluaran dan akan mudah ditangkap. Empat, pada pintu pemasukan dan pintu pengeluaran harus dipasang saringan yang rapat agar ikan nila tidak bisa keluar.
Teknik pemeliharaan akan dibahas secara khusus.