Dapatkan buku-buku karyaku terbaru (Penebar Swadaya Jakarta), Panen Lele 2,5 Bulan, Panen Bawal 40 Hari, Panen Ikan Mas 2,5 Bulan, Panen IKan Patin 3 Bulan. Tersedia kumpulan artikel budidaya ikan air tawar (23 jenis ikan), kumpulan artikel budidaya nila gesit. Miliki buku Kiat Sukses Beternak Kodok Lembu. Hubungi 081 563 235 990.

18 March 2008

Budidaya Ikan Mas - Cara ikan mas mijah

Cara ikan mas memijah tidak unik seperti ikan sidat. Mungkin bisa dikatakan hampir sama dengan manusia. Pemijahan ikan mas diawali dengan jantan mendekati betina. Betina tidak langsung membalas pendekatan itu, tetapi akan menghindari jantan. Namun jantan terus berkali-kali melakukan pendekatan, sehingga terjadi kejar mengejar.

Akhirnya pendekatan itu disambut baik oleh betina dengan diam, dan membiarkan jantan mendekatinya. Kesempatan itu digunakan jantan untuk menciumi bagian tubuh betina, ternasuk lubang kelaminnya.

Ciuman pada lubang kelamin menimbulkan rangsangan bagi betina. Setelah terangsang, maka betina akan mengeluarkan telur sambil menaiki alat penempel telur. Berbarengan dengan itu jantan akan mengeluarkan sperma sambil terus mengejar dan menciumi alat kelamin betina.

Maka saat itulah terjadi pembuahan (pembuahan dalam air). Pengeluaran telur berkali-kali dilakukan betina. Bersamaan dengan itu jantanpun berkali-kali mengeluarkan sperma, dan pembuahan terus terjadi. Telur yang sudah dibuahi akan menempel pada alat penempel telur (kakaban).